Pasang iklan disini

MENJELMA.COM 728 X 70
hubungi email : idhoezidus@yahoo.co.id
dalam perbAIKAN dalam perbAIKAN
Powered by Blogger.

WAJIB TAU: PERBANDINGAN KEKUATAN INDONESIA DAN MALAYSIA

Diposkan oleh Unknown on

dalam perbaikan


Ganyang Malaysia! Perang dengan Malaysia! Itulah seruan banyak rakyat Indonesia kini ketika Malaysia terus melecehkan Indonesia. Lalu, jika pun terjadi perang, memang seperti apa perbandingan kekuatan militer antara Malaysia dan Indonesia sebenarnya, dari peta politik, strategi, jumlah prajurit hingga peralatan perang (alustista)?

Berdasarkan data yang pelajari, salah satunya pada Buku Pertahanan Negara dan Postur TNI Ideal hasil riset Connie Rahakundini Bakrie, kekuatan militer Indonesia untuk ukuran Asia Pasifik memang masih kalah dibanding Amerika Serikat dan Cina, namun untuk di Asia Tenggara, Indonesia dan Singapura menjadi yang terbaik dari postur militer idealnya (dilihat dari perbandingan kekuatan militer dengan jumlah penduduk dan luas wilayah). Jadi, sebenarnya dari data statistik (jumlah prajurit dan alustista) Indonesia lebih unggul di banding Malaysia.

Lebih lanjut, walaupun banyak dikatakan Alutista TNI dari segi modernisasinya kurang baik dan cenderung sudah berumur tua, namun dibandingkan dengan yang dimiliki Tentara Diraja Malaysia, Alustista TNI lebih unggul.

Dengan alasan menjaga pertahanan nasional, saya tidak bisa menampilkan angka dan detil jumlah Alustista TNI.

Jika pun memang terjadi perang Indonesia VS Malaysia, medan darat adalah menjadi medan pertempuran utama, dan pada hitung-hitungan kekuatan di darat, Indonesia memliki keunggulan tersendiri, terutama dari kekuatan TNI AD-nya dan pasukan khusus bernama Kopasus yang sudah terkenal dan disegani oleh negara lain. Bahkan, sumlah negara di ASEAN berguru ke Indonesia dalam pelatihan prajuritnya.



Berdasarkan kajian dan pandangan saya pribadi, perang militer haruslah dihindari dalam arti tidak menjadi pilihan utama dalam menyelesaikan konflik yang terjadi sekarang. Karena tentunya akan menimbulkan effek yang lebih luas baik bagi Indonesia maupun Malaysia. Karena perang ini tidak hanya akan melibatkan kedua negara, tapi juga akan membawa negara lainnya. Terutama di pihak Malaysia, seperti pada perang Indonesia-Malaysia pada 1962-1966 (era Presiden Soekarno), Inggris dan Australia membantu Malaysia.

Seperti halnya pada 1962-1966, kondisi yang sama terjadi sekarang, dimana Malaysia kembali memancing agar Indonesia kembali menyerang. Malaysia ingin agar Indonesia melanggar Resolusi PBB yang melarang adanya penyerangan militer, kecuali jika diserang lebih dahulu.

Malaysia tampaknya memang segaja memancing agar Indonesia menyerang lebih dulu, dengan begitu mereka akan mendapatkan bantuan dari negara lainnya seperti Inggris, Australia dan negara sekutunya yang lain. Sebagai perbandingan, dulu Soekarno pun tidak langsung mengerahkan militer resmi, namun terlebih dahulu menggunakan pasukan tidak resmi. Sebagai catatan lainnya, Malaysia juga kini sering berkonflik dengan negara Asia Tenggara lainnya diantaranya Singapura, dan situasi ini yang sebenarnya bisa menjadi keunggulan Indonesia jika bisa melakukan pendekatan dengan Singapura.

Walaupun tidak harus mengedepankan serangan miiter yang resikonya tinggi, namun sikap tegas dari Pemerintah Indonesia tetap sangat dibutuhkan untuk menghadapi pelecehan demi pelecehan yang dilakukan Malaysia, dan seperti yang pernah saya bahas sebelumnya pada artikel Indonesia ‘Must Attack’ Malaysia, Indonesia memang harus mengambill sikap yang tegas dan menunjukan kewibawaanya sebagai bangsa yang besar.

Selain diplomasi yang bersifat offensif, langkah yang bisa dilakukan Indonesia adalah dengan menarik TKI yang ada di Malaysia yang berarti sedikit banyaknya akan ikut melumpuhkan sektor ekonomi Malaysia karena akan mengganggu produksi pabrik/industri di Malaysia. Selain itu, cara yang lebih ekstrem adalah dengan memutuskan hubungan diplomatik termasuk perdagangan, kerjasama pendidikan, penerbangan, dsb.


http://andikh.blogspot.com/


Artikel Terkait:

Description: WAJIB TAU: PERBANDINGAN KEKUATAN INDONESIA DAN MALAYSIA Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: WAJIB TAU: PERBANDINGAN KEKUATAN INDONESIA DAN MALAYSIA

{ 4 komentar... read them below or add one }

Mama Qist said...

sampah! aku ingatkan tulisan kamu bijak..rupanya sampah.bagitahu aku di mana perlecehan yang di buat malaysia terhadap rakyat indonesia? setakat kes dera majikan lebih sedikit daripada rakyat indonesia buat jahat d malaysia..bagitahu aku berapa ramai babu indonesia buat aniaya pada rakyat malaysia??banyak tahu..kalau penulis mahu tahu, pergi sendiri malaysia betapa kami layan wrga kamu macam keluarga sendiri, malangnya babu babu ni mencuri gelang emas,duit, menipu, mendera anak2 kami.terlalu banyak laporan amah indonesiq buat kejahatan, tp sdikit shj majikan yg buat jahat, itupun majikan yang bukan beragama islam.

Admin Menjawab : Terima kasih udah berkomentar,Setiap Komentar yang kamu Berikan, Otomatis kamu Mendapatkan 1 Backlink Gratis dari Website PR 3 Saya
Mama Qist said...

admin blog pergi siasat nasib babu indonesia kamu di arab..lagi teruk tahu..pastu fikir balik mau ganyang malaysia atau arab sana..kekuatan tntera kamu tu simpan untuk ganyang orang yahudi nanti,bukan nak ganyang saudara seislam kamu di malaysia. lol..ni babu aku mau balik indonesia, siap aku yang belikan dia tiket kapal terbang, bagi duit, tolong macam2..dah aku anggap dia saudara aku, kalau babu baik, kami layan baik. kalau babu jahat..kami antar agensi,buat apa simpann kalau jahat. nasib baik bibik ni baik.anak2 pun suka dan sayang.

Admin Menjawab : Terima kasih udah berkomentar,Setiap Komentar yang kamu Berikan, Otomatis kamu Mendapatkan 1 Backlink Gratis dari Website PR 3 Saya
zhariffarhan said...

betul betul....saya sokong mama qist........babu indonesia slalu buat hal tp x de pulak kelua stesen televisyen diorang......tapi bila orang malaysia dera babu indon mulalah menghangakan cerita.....macam babu saya@amah saya sudah kerja dengan saya tapi tidak mahu pulang kerna layanan kami yang baik.......................lagi satu pihak indonesia tidak pulak marah bila banyak babu indon menggoda suami orang di malaysia.........................dan berkahwin.......bukan itu saje kenapa indon nak ganyang malaysia kenapa x halang rakyat indon datang atau kerja di malaysia????

Admin Menjawab : Terima kasih udah berkomentar,Setiap Komentar yang kamu Berikan, Otomatis kamu Mendapatkan 1 Backlink Gratis dari Website PR 3 Saya
Unknown said...

WADUUUh,, dah laen dah bunyi die,,, ape kesaaah ne ha marah2? ne ha kan cume artikel aje, ngape mike marah2 pulak? wkwkwkkwkkkk,

tapi memang iye macam gitu a, heran juge ngape ye orang melayu betingkah tak baek macam gitu, ngambek2 hak orang,curi budaya orang, tak malu ke mike?

Admin Menjawab : Terima kasih udah berkomentar,Setiap Komentar yang kamu Berikan, Otomatis kamu Mendapatkan 1 Backlink Gratis dari Website PR 3 Saya

Post a Comment kamu Dibawah ini,Blog ini DO Follow


Pasang iklan disini
MENJELMA.COM
hubungi email : idhoezidus@yahoo.co.id