Pasang iklan disini

MENJELMA.COM 728 X 70
hubungi email : idhoezidus@yahoo.co.id
dalam perbAIKAN dalam perbAIKAN
Powered by Blogger.

Mbah Ronggo, juru kunci Gunung Kelud yang kalah tenar dengan Mbah Maridjan

Diposkan oleh Unknown on

dalam perbaikan



INILAH.COM, Jakarta - Keberadaan gunung api identik dengan juru kunci. Seperti halnya Gunung Merapi terkenal dengan Mbah Maridjan, Gunung Kelud juga memiliki juru kunci, Mbah Ronggo. Namun, nama Mbah Ronggo kalah tenar dengan Mbah Maridjan.

Nama Mbah Ronggo muncul ke permukaan setelah status Gunung Kelud dinyatakan waspada pada 10 September 2007 lalu. Rasa was-was masyarakat di Desa Sugehwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri terobati setelah Mbah Ronggo menyatakan bahwa kelud belum waktunya meletus.

Akhirnya, warga lain kembali berladang dan para petani setiap pagi tetap mencari pakan ternak atau memetik cengkeh.

Mbah Ronggo berperawakan sedang. Sedikit lebih kecil dibanding pria sepantarannya. Namun kekuatan batin lelaki yang tinggal di kaki Kelud ini tidak perlu diragukan. Banyak warga Desa Sugihwaras meminta petunjuk kepada pria yang bernama asli Parjito sebelum berladang atau sekadar mengetahui cuaca di sekitar Kelud.

Warga Desa Sugihwaras yang terdiri atas empat dusun, yakni Dusun Sugihwaras, Margorejo, Mulyorejo, dan Jambon selalu menunggu keterangan dari Mbah Ronggo tentang aktivitas gunung yang berada diantara Kabupaten Kediri dengan Kabupaten Blitar .

Saat itu, tim Tanggap Darurat Aktivitas Kelud (TDAK) terus menemukan peningkatan aktivitas Kelud, namun dalam kepercayaan batin Mbah Ronggo, Kelud belum akan meletus. Bukan karena tidak percaya dengan temuan tim ahli seiring terus terjadinya perubahan warna kawah dan peningkatan suhu, kekuatan batin juru kunci ini mengirimkan sinyal khusus.

Mbah Ronggo ditetapkan sebagai juru kunci Gunung Kelud oleh Pemkab Kediri saat menggelar larung sesaji pada 2005 lalu. Pria yang dikaruniai dua anak dari dua istri ini disepakati menjadi juru kunci oleh 42 sesepuh desa. [beritajatim.com/bar]




sumber :http://blognyajose.blogspot.com/2010/11/mbah-ronggo-juru-kunci-gunung-kelud.html


Artikel Terkait:

Description: Mbah Ronggo, juru kunci Gunung Kelud yang kalah tenar dengan Mbah Maridjan Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Mbah Ronggo, juru kunci Gunung Kelud yang kalah tenar dengan Mbah Maridjan

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment kamu Dibawah ini,Blog ini DO Follow


Pasang iklan disini
MENJELMA.COM
hubungi email : idhoezidus@yahoo.co.id