Pasang iklan disini

MENJELMA.COM 728 X 70
hubungi email : idhoezidus@yahoo.co.id
dalam perbAIKAN dalam perbAIKAN
Powered by Blogger.

Inilah Rancangan Desain Tabung Gas Elpiji 3kg Terbaru Versi BPPT, Gantikan Tabung Gas Sering Meledak

Diposkan oleh Unknown on

dalam perbaikan

Ledakan kompor gas 3 kg yang marak terjadi, salah satunya disebabkan banyaknya persambungan antara tabung gas dan kompor.
Untuk meminimalkan kecelakaan akibat kebocoran, Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) membuat rancang desain kompor gas ukuran 3 kg yang lebih aman dengan titik
persambungan minim.

“Kompor gas 3 kg saat ini ada tiga persambungan. Semuanya memiliki risiko kebocoran. Desain baru ini hanya satu persambungan, artinya akan lebih mudah diawasi dan lebih aman,” kata Arya Rezavidi, Direktur Pusat Teknologi Konversi dan Konservasi BPPT, di Jakarta, kemarin.




Ini hanya ilustrasi bukan desain sebenarnya

Desain kompor ini berbeda dengan kompor gas 3 kg saat ini, karena bagian pembakaran atau kepala kompor langsung disambungkan ke tabung gas melalui regulator.

Dalam pemakaian untuk memasak, kompor dan tabung gas ini bisa ‘dibungkus’ dengan menggunakan badan kompor untuk menahan penggorengan atau panci.

“Mengenai posisi kepala kompor yang lebih dekat dengan tabung gas, kami jamin ini aman karena tabung gas ini tahan sampai 50 bar, artinya katup gas akan terlepas jika tekanan lebih dari itu,”

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menawarkan desain paket kompor dan tabung gas elpiji 3 kg untuk menggantikan paket elpiji 3 kg yang sudah beredar di masyarakat. Paket kompor dan tabung seharga Rp 180.000 ini lebih murah 10-20% dari paket yang sudah ada.

"Tabung ini didesain dengan tekanan 110 bar jauh di atas tekanan gas elpiji. Harga tabung 3 kg sekitar Rp 110.000, sedangkan kompornya Rp 70.000. Jadi sepaketnya sekitar Rp 180.000, bedanya 10-20% dari harga paket yang ada," jelas Direktur Pusat Teknologi Konversi dan Konservasi BPPT, Arya Rezavidi di Gedung BPPT, Jumat (2/7).

Arya menjelaskan, kompor dan tabung gas tersebut dinilai lebih aman karena paket konversi yang ada saat ini menggunakan tiga komponen seperti katup (valve), regulator, dan selang.

Sementara, kompor dan tabung gas elpiji versi BPPT tersebut tidak menggunakan tiga komponen tersebut, namun didesain terintegrasi hanya pada satu titik yang dikontrol oleh pengguna sehingga akan mengurangi faktor resiko akibat kesalahan pengguna (human error) menjadi sepertiganya.

"Dengan tidak adanya selang, regulator, dan valve maka human error penggunaan elpiji 3 kg akan menurun. Jadi kompor ini lebih dan bisa tahan sampai 5 tahun," paparnya.

Arya mengakui, sebenarnya desain kompor dan tabung ini pernah diajukan BPPT pada awal program konversi pada awal 2007 namun usulan tersebut ditolak.

Sumber: http://blogneforfree.blogspot.com/2010/07/inilah-rancangan-desain-yang-akan.html



Artikel Terkait:

Description: Inilah Rancangan Desain Tabung Gas Elpiji 3kg Terbaru Versi BPPT, Gantikan Tabung Gas Sering Meledak Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Inilah Rancangan Desain Tabung Gas Elpiji 3kg Terbaru Versi BPPT, Gantikan Tabung Gas Sering Meledak

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment kamu Dibawah ini,Blog ini DO Follow


Pasang iklan disini
MENJELMA.COM
hubungi email : idhoezidus@yahoo.co.id