Pasang iklan disini

MENJELMA.COM 728 X 70
hubungi email : idhoezidus@yahoo.co.id
dalam perbAIKAN dalam perbAIKAN
Powered by Blogger.

Inilah Teknologi-Teknologi Canggih Yang Akan Melekat Di Baju Anda Kelak

Diposkan oleh Unknown on

dalam perbaikan

Selama berabad-abad baju memiliki fungsi yang sederhana, melindungi kulit dari faktor eksternal dan menjadi sebuah kebanggaan. Nah di masa depan kira-kira teknologi apakah yang akan melekat di baju anda. Kami menghadirkan teknologi baru di postingan kali inI:

Rompi Anti Peluru Dengan Tambahan Wol

Bahan tradisional untuk rompi anti peluru adalah Kevlar, namun menurut studi peneliti Australia, penambahan wol membuat rompi lebih mampu menyerap energi dan air, anti air, dan tentu saja jadi ringan dan murah. Bila normalnya rompi memiliki 36 lapis Kevlar, penambahan wol malah menjadikan rompi menjadi 30 lapis. Lebih optimal lagi karena wol menyerap air, karena lapisan wol akan mengembang mampu menyerap energi tembakan lebih baik.

Pakaian Anti Api yang lebih baik
Perusahaan Lamination Technologies in Pennsylvania telah merancang pakaian khusus yang mampu bertahan di suhu 648 derajat Celcius, desainer merancang pakaian ini dengan cara mencegah kantong panas terbentuk yang membuat pemakai terlindung dari panas ekstrim. Lapis pertama pakaian ini mampu menahan panas selama 7 detik (2x lebih bagus dari produk pakaian tahan api lain), dua lapis mampu menahan panas selama 12 detik dengan luka bakar sebesar 16%.
Masker yang mampu memerangkap gas
Jika masker biasa menolak gas masuk maka beda dengan masker satu ini karena masker ini justru memerangkap gas dengan struktur kain seperti spon. Kain tersebut terbuat dari serat selulosa dan senyawa kristal, disusun dalam apa yang disebut kerangka logam-molekul organik (MOF). Kerangka ini membentuk struktur berpori, yang memerangkap dan menyimpan molekul gas. MOF sebenarnya susah dibuat menjadi kain, namun para peneliti di Cornell mampu menekuk molekul MOF dengan serat selulosa. Hasilnya adalah masker seperti diatas.
Tirai kedap suara
Membuat ruang yang kedap suara memang sulit dan butuh biaya, namun peneliti di Swiss Federal Laboratories for Materials Science and Research (Empa) membuat solusi praktis dengan merancang tirai kedap suara. Pertama, tim Empa mengembangkan model matematis untuk mengukur kualitas akustik struktur kain yang diberikan. Ini membantu menentukan karakteristik ideal sebuah tekstil, seperti ukuran pori-pori sangat kecil antara serat tenunan. Pori-pori akan membantu menahan suara dengan memperlambat turun melalui gesekan. Dibanding tirai biasa, tirai Empa lebih kedap 5x.
Jas Hujan yang lebih canggih
Inovasi jas hujan terus berlangsung, Polartec merancang jaket Neoshell jaket yang dapat mengeluarkan cairan keringat dari kulit jaket sementara jaket tetap anti air. Peneliti di China mengembangkan bahan kain anti air yang juga mampu menolak sinar ultraviolet. Peneliti University of Minnesota,membuat campuran karbon nanotubes, Teflon, dan kain katun yang tahan air panas dengan suhu 167 °F.

Merubah suara jadi energi
Mahasiswa di American University of Sharjah di United Arab Emiratesbekerja dengan bahan piezoelectric yang mampu menghasilkan energi dari gelombang suara. Bahan piezoelectric menghasilkan tegangan ketika ada tekanan karena gerakan, tekukan atau getaran. Gelombang suara, terutama di lingkungan yang keras, dibayangkan bisa mendorong tekanan yang cukup untuk menciptakan tegangan kecil yang mungkin cukup untuk mengisi daya perangkat portabel. Perangkat bisa tertanam dalam pakaian atau sepatu.
Generator dalam sepatu anda
Peneliti dari Universitas Auckland menguji coba membuat sepatu yang dapat menghasilkan energi. Sistemnya seperti pembangkit energi gelombang laut yaitu membangkitkan energi melalui gerakan. Biaya untuk memproduksi generator ini hanya $3.75.
Kulit kedua
Kulit adalah pertahanan tubuh kita terhadap penyakit, nah bahan tertentu seperti polymer nanoparticles
dapat membunuh bakteri karena bahan ini mampu merusak dinding bakteri dan membuatnya lemah. Tahun lalu, peneliti dari McGowan Institute of Regenerative Medicine mengembangkan polymer mesh fiber yang dapat melindungi dari berbagai ancaman. Didalamnya terdapat enzim yang mengkatalisasi senyawa anti bakteri dan bahan bermanfaat lainnya.



Pakaian bertenaga panas tubuh, gerakan, dan sinar matahari

Peneliti Inggris mengembangkan Solar Soldier, semacam baju perang yang dapat memberi tenaga pada GPS, radio, dan senjata. Cocok untuk kondisi pertempuran yang berlangsung lama, dan uniknya berat baterai-nya cuma setengah dari baterai biasa. Dan bahan pakaian baru ini mampu menyerap panas dari sekitar, cocok untuk misi penyergapan.

Pakaian yang bisa membersihkan udara


Desainer Inggris bernama Helen Storey menggabungkan antara seni dengan sains, inovasinya adalah bahan denim yang mampu memurnikan udara. Di kondisi perkotaan yang sumpek pakaian ini pasti bisa membantu ya.


Baju yang bisa mencuci sendiri

Punya pakaian selemari mungkin bisa menjadi sebuah hobi, namun jika saatnya cuci-cuci pasti merepotkan juga. Para peneliti di Australia mengembangkan lapisan serat alami dengan nanopartikel yang menghilangkan noda, bahkan yang rumit seperti noda anggur merah, ketika mereka terkena sinar matahari. Peneliti nanomaterials Walid Daoud membuat mantel wol sutera, dan serat rami dengan nanopartikel titanium dioksida, yang juga digunakan dalam cat dan tabir surya






Game di T-Shirt


Phillips membuat kain tenun dengan LED fleksibel yang disebut Lumalive. Lalu sebuah Laboratorium Interaksi Manusia-Komputer di Ontario mengembangkan t-shirt ini menjadi sebuah game bernama TagURIt, bagaimana cara mainnya? cukup dekatkan diri anda ke orang lain yang memakai kaos sama dan huuup tokoh game di kaos anda akan berpindah ke kaos teman anda. Dan tentu saja ada fungsi lain yang bisa digunakan dengan bahan ini, antara lain menghitung detak jantung seorang atlet.
GABUNG Halaman Facebook saya Menjelma.com ,dengan mengklik Tombol SUKA dibawah ini
FOLLOW TWITTER saya menjelma.com ,dengan mengklik dibawah ini
http://darmawanku.files.wordpress.com/2009/07/twitter-logo.png?w=121&h=35

Sumber:www.jelajahunik.us/


Artikel Terkait:

Description: Inilah Teknologi-Teknologi Canggih Yang Akan Melekat Di Baju Anda Kelak Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Inilah Teknologi-Teknologi Canggih Yang Akan Melekat Di Baju Anda Kelak

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment kamu Dibawah ini,Blog ini DO Follow


Pasang iklan disini
MENJELMA.COM
hubungi email : idhoezidus@yahoo.co.id