Pasang iklan disini

MENJELMA.COM 728 X 70
hubungi email : idhoezidus@yahoo.co.id
dalam perbAIKAN dalam perbAIKAN
Powered by Blogger.

Ketahui Usia Dari Tetesan Darah

Diposkan oleh Unknown on

dalam perbaikan


Ini berita baik bagi para penegak hukum, tapi berita buruk bagi pelaku kejahatan. Para ilmuwan baru-baru ini telah mengembangkan teknik untuk memerkirakan usia tersangka kejahatan hanya dari tetesan darah yang tertinggal di TKP. Mereka menyatakan metode baru ini bisa langsung digunakan oleh para ahli forensik. Mengetahui usia tersangka tentu penting untuk dijadikan petunjuk awal dalam menangkap pelaku kejahatan.

Teknik ini memanfaatkan karakteristik sel kekebalan tubuh yang ada dalam darah tiap orang, yaitu yang dikenal sebagai sel T (kok kayak nama virusnya Resident Evil). Sel T inilah yang memainkan peran kunci untuk mengenali organisme perusak seperti bakteri, virus, parasit, atau sel tumor.

Sebagai bagian dari proses mengenali perusak, sel-sel ini memroduksi molekul DNA sirkular. Jumlah molekul-molekul DNA sirkular--dikenal sebagai signal joint TCR excision circles (sjTRECs)---menurun secara konstan dengan berjalannya usia. Para peneliti menyatakan mereka telah menunjukkan bahwa fenomena biologis ini dapat digunakan untuk memerkirakan usia individu secara akurat dan andal.


Prediksi fenotipe manusia--sifat lahiriah seseorang seperti warna rambut atau warna mata--yang diambil dari DNA adalah hal baru bagi dunia forensik. Akan tetapi, saat ini baru beberapa sifat fenotip saja yang dapat diidentifikasi dari informasi DNA dengan akurasi dan dapat diaplikasikan di tataran praksis.

Eh tapi, di Indonesia penerapan teknik baru ini untuk mengidentifikasi pelaku tampaknya masih jauh. Soalnya koruptor yang terbukti bersalah saja bisa berlibur ke Bali ketika sedang menjalani hukuman.

Sumber: BBC

http://seadanyadeh.blogspot.com/2010/11/ketahui-usia-dari-tetesan-darah.html

Artikel Terkait:

Description: Ketahui Usia Dari Tetesan Darah Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Ketahui Usia Dari Tetesan Darah

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment kamu Dibawah ini,Blog ini DO Follow


Pasang iklan disini
MENJELMA.COM
hubungi email : idhoezidus@yahoo.co.id